Sambungan Pipa

posted in: Artikel | 0

Jenis sambungan pipa pvc dan aksesoris pipa – omahpipa.com

sambungan pipa paralon / sambungan pipa hdpe
sambungan pipa hdpe dan pvc

Fitting pipa atau Aksesoris pipa adalah istilah lain dari sambungan pipa yang secara umum mempunyai fungsi sebagai penghubung/penyambung pipa, akan tetapi sejauh dengan perkembanganya fitting pipa sering dimanfaatkan untuk berbagai macam penggunaan seperti kerajinan, hiasan dan jenis keterampilan lainya. Semakin banyaknya kebutuhan aksesoris pipa sejalan dengan tingginya permintaan pasar membuat harga yang beredar sangat bersaing dan tentunya dengan harga yang ditawarkan beragam sesuai dengan kualitas dari pabrikan masing-masing merk.

Sambungan Pipa paralon / Sambungan PVC

fitting pvc

Jenis sambungan paralon atau sambungan PVC (Fitting PVC / Fitting Paralon) mempunyai banyak jenis dan macam-macam ukuran. Fitting PVC standar secara umum ada 2 tipe/kelas yakni AW dan D (TS dan DV), tipe AW/TS adalah ukuran yang paling tebal biasa digunakan pada pipa tipe AW, untuk fitting tipe D/DV biasa digunakan dalam penyambungan pipa tipe D dan C.

Jenis sambungan paralon

Jenis fitting PVC / Sambungan pipa PVC ada berbagai macam dan bentuk sesuai dengan kebutuhan pengamplikasinya, antara lain:

  • Socket, dipergunakan untuk menyambung dua bagian yang lurus dari pipa PVC atau aksesoris pipa PVC lainnya. Jenis aksesoris ini masih terbagi menjadi beberapa jenis lainnya. Seperti shock pipa PVC Polos, drat luar, drat dalam, drat luar polos, drat dalam polos dan drat luar dalam. Drat (ulir) yang membedakan jenis aksesoris dari pipa tersebut.
  • Elbow / knee, seperti namanya, aksesoris tersebut memiliki bentuk huruf L tepat 90 derajatyang dipergunakan di tempat yang membutuhkan belokan. Drat juga menjadi pembeda jenis aksesoris, seperti elbow polos, polos drat dalam, drat luar atau 45 derajat.
  • Tee, yang satu ini dipergunakan untuk membuat cabang saluran pipa PVC. Tidak berbeda jauh dengan aksesoris lainnya, tipe pipa bentuk T juga mempunyai beragam jenis. Seperti T polos atau T drat dalam.
  • Oversock / reducer, ini dipergunakan untuk menggabungkan dua pipa PVC berukuran berbeda.
  • Dop / Cap, diperlukan dop pipa untuk menutup saluran pada ujung pipa.
  • SDD (Sock Drat Dalam), socket dengan drat yang terpasang didalam membuat lebih rapat dari soket biasa.
  • SDL (Sock Drat Luar), socket dengan drat yang terpasang diluar membuat lebih rapat dari soket biasa.
  • TY / Y branch, Sambungan seperti huruf Y yang mengubungkan ke 3 arah
  • Stop Kran, untuk membuka dan menutup arus air.

Tersedia Fitting dengan ukuran 1/2″ sampai 12″ info langsung ke admin kami

Sambungan Pipa HDPE

Fitting hdpe butt fusion

Aksesoris HDPE / Fittng HDPE mempunyai 3 jenis, pertama Fitting pipa HDPE Compression, kedua Fiting Pipa HDPE Butt Fusion dan ketiga Fitting Pipa HDPE Electro fusion.

Fitting HDPE Compression adalah sambungan yang menghubungkan dari pipa ke pipa dari luar, metode penyambunganya hampir sama dengan PVC hanya saja tidak memerlukan lem sebagai perekat karena didalamnya terdapat drat sebagai perekatnya. Fitting ini digunakan dalam ukuran 1/2″ sampai 4″ (20mm – 110mm)

Fitting HDPE Butt Fusion yang pemasanganya dengan mesin butt fusion. Fitting jenis ini juga sering digunakan dalam penyambungan pipa HDPE karena penyambunganya yang sangat erat dan kuat. Fitting yang dipergunakan secara butt fusion dalam penyambungannya.

Fitting HDPE Electrofusion Menggunakan mesin electrofusion maka anda tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, karena mesin jenis electrofusion bekerja dengan cepat. Anda pun tidak perlu menunggu cooling time atau waktu untuk mendinginkan pipa yang dipanaskan atau dilebur. Selain itu, menggunakan mesin electrofusion akan membuat sambungan pipa anda kuat dan tahan lama. Hal ini dikarenakan sambungan electrofusion sangat kokoh. Sehingga sambungan pipa yang anda kerjakan tidak akan mudah rusak. Tidak hanya itu, sambungan pipa dengan mesin electrofusion memiliki kualitas sambungan terbaik jika dibandingkan dengan butt fusion atau compression fitting

Jenis Sambungan HDPE

Jenis fitting HDPE ada berbagai macam dan bentuk sesuai dengan kebutuhan pengamplikasinya, antara lain:

  1. Coupler / Straight Coupling, sambungan lurus mengambungkan antarara 2 pipa
  2. Equal Elbow, sambungan seperti huruf L yang berfungsi membelokan arus air
  3. Equal Tee, sambungan seperti huruf T berfungsi untuk membagi arus dari 3 arah
  4. Reducing / Reducer, sambungan untuk mengkopres dari aliran air besar ke kecil
  5. End Cap / Dop, tutup pipa / menutup aliran air
  6. Clam Saddle, sambungan untuk mengairi pipa dari salah satu bagian batang pipa
  7. Flange Adaptor, sambungan untuk mengaitkan antara dua pipa
  8. Male Thread Adaptor (MTA), sambungan seperi socket dengan salah satu sisi terdapat drat diluar
  9. Femele Thread Adaptor (FTA), sambungan seperi socket dengan salah satu sisi terdapat drat didalam
  10. Stub End, sambungan untuk menggabungkan antar dua pipa dengan metode menggunakan Flange
  11. Flang JIS 10k, besi untuk sambungan (seperti ring)

Harga Sambungan Pipa

Untuk info harga sambungan pipa PVC dan HDPE bisa menghubungi admin kami di nomor Admin :

Info dan Pemesanan

Omah Pipa adalah distributor pipa dan fitting dengan kualitas dan pelayanan terbaik, kami menyediakan semua jenis pipa dari tipe biasa hingga ternama kami menyediakan. Untuk info dan pemesanan anda bisa menghubungi admin kami atau langsung datang di kantor pemasaran kami

Omah Pipa

Distributor pipa PVC, HDPE, PPR & Fitting

Untuk info penawaran dan pemesanan silakan menghubungi admin Omah Pipa
Admin :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.